Kebiasaan yang Membuat Cepat Gemuk

Kegemukan atau obesitas sudah menjadi perkara yang sangat umum di Indonesia. Padahal dari studi-studi ilmiah yang di lakukan oleh para peneliti menunjukkan bahwa obesitas dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan sebagainya.

Kebiasaan yang Membuat Cepat Gemuk

Statistik menunjukkan bahwa angka kegemukan atau obesitas di usia remaja dan usia produktif terus meningkat dari tahun ke tahun. Angka meningkatnya jumlah remaja yang mengidap kegemukan atau obesitas semakin bertambah karena kurangnya awareness remaja, khususnya remaja cewek dalam mengatur pola hidup yang sehat dan seimbang.

Bahkan di antara kita banyak yang tidak mengetahui bahwa kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan punya andil dalam menyebabkan kegemukan.

Kebiasaan yang Membuat Cewek Cepat Gemuk

1. Mengkonsumsi makanan berlabel “rendah lemak”


Ada banyak produk makanan di supermarket yang memiliki label “rendah lemak” atau low fat. Produk makanan seperti ini biasanya mengiming-imingi kamu dengan jargon bahwa produk mereka mengandung lemak dan kalori yang lebih rendah dari pada makanan lainnya.

Well, kamu harus waspada karena makanan seperti ini biasanya menggunakan pemanis berbahan dasar gula sintetis atau bahan kimia yang lainnya. Pemanis sintetis atau bahan kimia sejenisnya sangat cepat di cerna oleh sistem pencernaan.

Hasilnya, kadar gula tubuh akan turun secara drastis, dan mengakibatkan kamu akan merasa lapar. Ujung-ujungnya kamu akan makan dalam porsi yang besar untuk menghentikan rasa lapar tersebut.

2. Melewatkan waktu makan


Yang di maksud dengan melewatkan waktu makan adalah kamu dengan sengaja meninggalkan makan dengan harapan agar bisa menjadi lebih kurus. Misalnya, meninggalkan makan siang secara sengaja.

Riset dari American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak sarapan memiliki kecenderungan menjadi gemuk 4 kali lipat daripada orang yang sarapan secara teratur.

Hal ini disebabkan karena pada saat kamu melewatkan makan, metabolisme tubuh akan melambat dan akan menstimulasi kamu untuk makan dalam jumlah besar.

3. Makan terburu-buru


Makan besar idealnya dilakukan dengan perlahan-lahan dan di nikmati dengan sungguh-sungguh. Beberapa pakar gizi bahkan menganjurkan kita untuk menghabiskan makan besar dalam waktu 20 menit.

Seseorang yang makan dengan perlahan akan menjadi lebih cepat kenyang dan porsi makanan yang membuat mereka kenyang hanya sepertiga dari porsi orang yang biasa makan terburu-buru.

Usahakanlah makan dengan perlahan dan kunyah makanan yang masuk kedalam mulut sebanyak 20 kali, baru di telan.

4. Makan sambil nonton TV


Makan sambil menonton TV atau melakukan aktivitas lain yang membuat kamu tidak fokus mengunyah makanan juga merupakan kebiasaan yang membuat cewek cepat gemuk.

Riset dari peneliti University of Birmingham berhasil menunjukkan bahwa orang-orang yang biasanya makan sambil menonton TV memiliki kecenderungan untuk ngemil tidak lama setelah mereka makan.

Kalau memang mau nonton sambil makan, maka makanlah makanan yang sehat, seperti buah-buahan atau berondong jagung dalam porsi yang tidak terlalu besar.

5. Makan dengan suapan yang banyak


Salah satu kebiasaan yang membuat cewek cepat gemuk yang ke lima adalah kebiasaan menyuap makanan dalam jumlah yang banyak. Hal ini tidak berbeda jauh dengan kebiasaan makan yang cepat atau terburu-buru.

Karena pada saat kamu makan dengan suapan yang banyak, maka semakin sedikit kepuasan kamu dalam menikmati makanan. Biasakan makan dengan perlahan dan suapan yang sedikit-sedikit,

6. Punya teman-teman yang gemuk


Sebenarnya poin nomor 6 ini tidak dapat dikategorikan sebagai “kebiasaan buruk”. Akan tetapi, kita harus menyadari bahwa kehidupan sosial juga dapat berpengaruh pada gaya hidup dan pola makan kita.

Tahukah kamu saat kamu hidup bersama kolega atau teman yang gemuk yang hobi ngemil, maka kamu juga akan memiliki 57% kemungkinan lebih besar untuk ikut-ikutan punya hobi ngemil (berdasarkan hasil survey New England Journal of Medicine).

Jika kamu hidup dengan kolega atau teman yang gemuk, maka kamu harus memperhatikan gaya hidup dan pola makan kamu agar tetap sehat dan seimbang.

7. Sungkan untuk menimbang berat badan


Ada cewek yang biasanya ragu atau sungkan untuk menimbang berat badan. Jika kamu termasuk golongan ini, maka hilangkanlah rasa sungkan tersebut dari sekarang!

Kamu harus punya target berat badan yang ideal, dan usahakanlah agar berat badan kamu selalu berada dalam target tersebut.

8. Suka makanan tambahan


Pernahkah kamu saat makan di restoran selain memesan makanan utama, kamu juga memesan makanan lainnya seperti es krim, kentang goreng, roti, atau makanan tambahan lainnya?

Yup, pola makan berlebihan seperti ini harus di hindari, karena makanan komplimen banyak mengandung kalori. Jika kalori ini tidak segera di bakar, maka kalori akan di timbun di dalam tubuh dalam bentuk lemak.

9. Malas berolahraga


Lakukanlah olahraga ringan setiap hari, seperti jogging atau berlari ringan selama kurang lebih 30 menit. Olahraga ringan seperti ini dapat membantu tubuh untuk membongkar dan membakar lemak yang di timbun di dalam tubuh.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu menjaga stamina, menguatkan jantung, dan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh organ tubuh.