Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Anda

Anda mungkin tahu bahwa berenang dapat membuat kinerja jantung dan paru-paru jauh lebih baik serta melatih kekuatan napas menjadi lebih panjang. Tapi tak banyak yang mengetahui bahwa renang membuat kesehatan otak jauh lebih baik. Berenang dapat membantu memperbaiki kerusakan sel-sel otak dan hormon. Ketika berenang, aliran darah dalam tubuh akan meningkat sekitar 9-14% dan bekerja maksimal sehingga dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi.

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Anda

Berdasarkan penelitian University of Washington Sports Concussion, berenang dapat membantu merangsang zat yang dapat meningkatkan suasana hati sehingga emosi seseorang menjadi lebih stabil. Jenis olahraga tersebut dapat membantu menenangkan dan mengurangi stress. Berikut manfaat lain yang bisa didapatkan jika Anda berenang secara rutin :

Menurunkan risiko penyakit asma dan diabetes


Berdasarkan penelitian The Children’s Exercise and Nutrition Centre, manfaat utama dari berenang yakni memperbaiki kinerja organ pernapasan. Hal tersebut melatih paru-paru Anda bekerja secara lebih baik hingga mampu mengurangi gejala asma. Selain itu, penilitian dari University of Maryland menyatakan bahwa berenang mampu mengontrol gula darah dalam tubuh hingga meminimalisir kemungkinan seseorang menderita diabetes.

Mempercepat gerakan Anda


Gerakan motorik Anda sangat diperlukan dan dilatih saat Anda berenang. Adanya air membuat gerakan kita lebih lambat ketimbang beraktivitas di luar dan tanpa sadar saat berenang kita terpacu untuk bergerak secara cepat dan gesit. Hasilnya ketika Anda tidak berenang, gerakan Anda akan menjadi lebih gesit dan luwes/fleksibel ketimbang mereka yang tidak berenang.

Membuat awet muda


Tidak dapat dapat dipungkiri bahwa berenang dapat membuat fisik menjadi lebih bugar. Kebugaran yang dimiliki akan mengurangi risiko kematian hingga 50%, lho! Berenang juga dapat membuat seseorang menjadi lebih awet muda/berumur panjang karena olahraga tersebut dapat dilakukan oleh semua usia, mampu memperkuat tulang dan otot, dan mencegah berbagai penyakit.

Membentuk badan yang ideal


Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, berenang mampu membentuk otot sehingga badan Anda menjadi ideal. Jangan lupakan bahwa berenang adalah salah satu jenis olahraga yang paling efektif untuk membuat badan Anda lebih tinggi karena mendukung perkembangan tulang.

Alternatif terapi


Sebuah penelitian dalam International Journal of Sports Medicine membuktikan bahwa berenang merupakan terapi yang sangat baik bagi tubuh, terutama bagi mereka yang sedang cidera dan sulit berolahraga berat. Berenang dapat membantu mempercepat pemulihan dan melemaskan otot-otot yang cidera.