Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Seledri sudah sangat sering kita jumpai dalam aneka masakan. Seledri selain sebagai bumbu masakan, seledri yang mempunyai aroma khas tersebut juga sering digunakan sebagai penghias atau untuk mempercantik makanan.

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Namun tahukah anda apa saja manfaat Seledri itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka akan saya bahas manfaat seledri terutama untuk kesehatan manusia. Manfaat yang dapat diperoleh dari seledri antara lain :

Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah


Seledri merupakan tanaman herbal yang rendah kalori, yaitu 16 kalori per 100 gram. Hal tersebut berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Penguat Imunitas Tubuh


Manfaat Seledri untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat menjaga atau meningkatkan sistem imun (daya tahan tubuh), hal ini disebabkan di dalam seledri terdapat kandungan zat antioksidan flavonoid, seperti zea xanthin, Lutein, dan Beta karoten.

Metabolisme yang Optimal


Kandungan asam folat, riboflavin, niasin dan vitamin C dalam seledri bermanfaat untuk menjaga agar metabolisme tubuh tetap optimal.

Dapat Mengobati Rematik


Mengonsumsi seledri juga dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik. Ketika rematik mengganggu aktivitas anda, segeralah mengonsumsi seledri.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi


Dalam seledri terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi, hal tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Dapat Menurunkan Demam


Manfaat seledri bagi kesehatan tubuh manusia adalah dapat menurunkan demam. Ambil sedikit daun seledri lalu peras sehingga mengeluarkan air, kemudian tempelkan di atas kepala orang yang sedang demam, seledri dapat memberikan efek dingin. Hal tersebut akan membantu orang yang sedang terkena demam.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut


Seledri juga bisa bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut, selain itu juga bisa digunakan untuk mencegah kerontokan. Caranya cukup gunakan daun seledri layaknya menggunakan sampo.

Mengatasi Insomnia


Kandungan mineral basa atau alkali berguna untuk menenangkan saraf, sehingga bermanfaat untuk mengurangi stres dan juga membantu anda mengobati penyakit insomnia (gangguan susah tidur)

Bagus Untuk Diet


Manfaat seledri bagi kesehatan manusia yang terakhir adalah bagus untuk program diet Anda. Menurut beberapa ahli, seledri bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Itulah beberapa manfaat seledri bagi kesehatan manusia, semoga artikel singkat tersebut bermanfaat bagi anda semua.