Tips Mencegah Salah Paham dengan Pasangan

Komunikasi yang baik dengan pasangan sangat menentukan kualitas hubungan yang Anda miliki. Hal ini bisa mencegah dan mengurangi konflik yang bisa merusak hubungan. Bahkan, komunikasi yang baik adalah faktor kunci untuk memperkuat hubungan antara Anda dan juga pasangan.

Tips Mencegah Salah Paham dengan Pasangan

Untuk mencegah salah paham dengan pasangan, ada baiknya Anda melakukan berbagai tips yang akan diulas berikut ini.

Tips Mencegah Salah Paham dengan Pasangan


Salah paham atau yang lebih sering dikenal dengan istilah miskomunikasi menjadi hal yang sangat rentan terjadi pada pasangan. Kesalahpahaman kecil saja bahkan bisa menimbulkan masalah besar yang berujung pada pertengkaran. Namun, tentu saja selalu ada cara untuk mencegah hal ini. Berikut tiga cara mencegah miskomunikasi dengan pasangan yang bisa Anda praktikkan.

1. Selalu terbuka tentang perasaan Anda pada pasangan


Banyak orang berpikiran menghindari konflik adalah cara paling ampuh untuk menjaga hubungan tetap baik-baik saja. Sayangnya, hal ini kemudian dilakukan misalnya dengan cara tidak pernah terbuka dalam mengungkapkan perasaan kepada pasangannya.

Sebagian orang merasa mengekspresikan perasaannya secara terbuka dan jujur justru sebuah kesalahan yang bisa memicu konflik. Biasanya, kondisi ini didasari karena pengalaman masa lalu yang pernah mencoba terbuka lalu kemudian gagal dan justru selalu memicu pertengkaran. Akibatnya, Anda kemudian menghindari melakukan ini dan berusaha menyimpannya sendiri.

Padahal, akan jauh lebih baik saat Anda berusaha untuk terbuka dengan membicarakan semua perasaan Anda pada pasangan. Bagaimana pun juga, Anda dan pasangan sedang berada dalam hubungan yang seharusnya membawa efek membahagiakan dan ketenangan untuk satu sama lain. Bukan terus ketakutan dan terus mengantisipasi konflik yang akan terjadi dengan menutup-nutupi perasaan yang Anda miliki.

2. Katakan dengan jelas apa yang Anda mau


Jangan pernah menganggap bahwa pasangan tahu segala-galanya tentang Anda termasuk apa yang Anda inginkan dan pikirkan. Pasalnya, pemikiran seperti inilah yang biasanya rentan memicu konflik. Anda bersikap seolah-olah pasangan tahu dan harus tahu apa yang Anda inginkan tanpa mengucapkannya.

Jika Anda marah, katakan Anda marah dan tawarkan solusinya. Misalnya, katakan pada pasangan bahwa Anda merasa sangat kesal jika tidak didengarkan saat bercerita. Kemudian, sampaikan bahwa Anda sangat ingin didengarkan dan diperhatikan saat sedang bercerita.

Dengan begitu, pasangan akan memahami betul apa yang perlu dilakukannya. Sehingga, salah paham dengan pasangan dapat terhindari.

3. Hindari menyalahkan dan memojokkan pasangan


Hanya karena Anda merasa benar bukan berarti Anda bisa secara gamblang mengatakan pada pasangan bahwa apa yang dilakukannya salah. Anda perlu memahami bahwa tidak semua orang bisa dikritik secara langsung. Akan jauh lebih baik jika Anda memberi tahu apa yang keliru tanpa langsung mengatakan padanya bahwa ia salah.

Apalagi jika ditambah dengan memojokkannya. Bukannya menemukan solusi, Anda dan pasangan malah bisa bertengkar hebat dan saling menyalahkan. Menyalahkan dan memojokkan pasangan tidak akan membuat ia paham akan kesalahannya.

Bahkan, mungkin ia akan bertindak defensif dan tidak akan mendengarkan apa yang Anda katakan karena terlanjur sakit hati karena disalah-salahkan. Untuk itu, cobalah mengekspresikannya dengan lebih baik tanpa menyinggung perasaan pasangan Anda.