Tips Mudik Untuk Ibu Hamil

Jelang lebaran budaya mudik ramai dilakukan oleh mayoritas muslim yang sedang merantau. Tak terkecuali juga kaum ibu yang sedang hamil, banyak yang memilih untuk tetap ikut mudik demi berkumpul dengan keluarga besar.

Tips Mudik Untuk Ibu Hamil

Tentu persiapan yang harus dilakukan ibu hamil sebelum mudik lebih banyak dibanding kaum wanita yang tak hamil. Semua demi keamanan dan kesehatan ibu serta janin dalam kandungannya.

Tidak hanya fisik yang rentan mengalami masalah, secara mental pun ibu hamil jauh lebih sensitif sehingga keduanya perlu lebih hati-hati dijaga dan diperhatikan.

Tips Mudik Untuk Ibu Hamil


Berikut tips aman dan sehat bagi ibu hamil yang hendak mudik, menurut Psikolog Anna Surti Ariani.

Transportasi nyaman


Ibu hamil mudah merasa lelah di bagian punggung sehingga disarankan membawa bantal untuk sandar. Selain itu, pilihlah transportasi yang nyaman dan memungkinkan ia bisa ke toilet. Ingat, ibu hamil akan sering BAK.

Batasi bawaan


Jangan sampai ibu hamil harus membawa barang bawaan yang banyak, karena hal itu dapat menimbulkan masalah kesehatan dan kenyamanan. Kecuali jika suami atau teman perjalanan Anda mau membantu membawakan, maka tentu tidak masalah.

Hindari stres


Hindari berbagai hal yang dapat memicu stres di perjalanan. Misalnya kemacetan, panas, berdesak-desakan di jalan, dan lainnya. Stres akan memicu kontraksi, hingga membahayakan janin. Bawa bacaan, hiburan, atau hal lain yang bisa mengalihkan stres.

Konsultasi dokter


Sebelum berangkat konsultasilah dahulu ke dokter Anda, sehingga kondisi kehamilan bisa diketahui. Jika rentan maka urungkanlah keberangkatan mudik Anda. semoga bermanfaat.