Minuman Energi Alami Buatan Sendiri

Minuman energi buatan, seperti yang banyak dijual di pasar / warung, bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang, hal ini terutama karena minuman berenergi tersebut mengandung kafein dan gula yang tidak sehat. Untuk mendapatkan manfaat terbaik agar tetap aktif dan terhidrasi adalah membeli minuman energi alami dan membut minuman energi sendiri. Salah satunya adalah milkshake, suatu minuman energi yang paling disukai orang ketika berolahraga.

Minuman Energi Alami Buatan Sendiri

Bahan-bahan berkhasiat seperti apel, pisang, jeruk lemon atau susu merupakan bahan pavorit untuk membuat minuman energi sendiri. Bahan-bahan alami tersebut bisa diminum langsung seperti air kelapa, atau diolah misalnya menjadi jus atau smoothie. Smoothie adalah minuman berbahan baku buah-buahan, sayuran, sirup gula/ gula pasir, susu tawar cair dan es batu. Selain penambahan susu sebagai ciri khas smoothie, yoghurt, cokelat dan susu kental manis juga seringkali ditambahkan ke dalam smoothie. Tekstur smoothie lebih pekat dibandingkan jus.

Berikut adalah minuman energi alami yang bisa anda coba buat sendiri di rumah :

1. Smoothie pisang


Pisang adalah salah satu buah energik yang dapat membuat anda tetap aktif dan kenyang selama berjam-jam. Smoothie pisang dapat mengatasi kelelahan dan memungkinkan enzim tubuh mengendalikan produksi energi. Buah ini kaya akan vitamin, mineral seperti kalium, dan fosfor yang dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Smoothie pisang juga dapat membantu membakar lemak perut.

2. Apple shake


Apel adalah buah energik lain yang dapat membuat anda tetap aktif dan sehat. Apple yang dicampur dengan susu merupakan salah satu minuman energi buatan sendiri terbaik. Segelas apel shake dingin dapat merelaksasi pikiran dan tubuh setelah berolahraga dan membuat anda tetap aktif sepanjang hari.

3. Minuman energi barley


Asam amino dalam barley dapat meningkatkan level energi tubuh. Tambahkan sedikit tetes madu dan jus lemon untuk membakar lemak tubuh dan tetap terhidrasi. Jika anda mengalami sakit otot, bisa menambahkan jahe untuk mengatasinya.

4. Air hangat dan madu


Tambahkan sedikit tetes madu ke air hangat untuk membakar lemak tubuh dan dapatkan energi instan. Minuman buatan sendiri ini sangat ideal bagi yang sedang diet. Asam amino dan asam lemak esensial akan meningkatkan produksi energi dan membuat anda tetap aktif.

Anda juga bisa mencampurkan madu dengan susu kedelai untuk mendapatkan energi instan.

5. Jus wortel


Wortel kaya akan kandungan vitamin, protein dan mineral yang bisa membantu meningkatkan level energi. Jus wortel dapat membersihkan sistem dan mengatasi kelelahan. Mencampurkan kuning telur pada jus wortel dapat manfaatkan untuk menyingkirkan kelelahan sehabis kerja keras.

6. Air kelapa


Air kelapa merupakan salah satu minuman alami terbaik yang dapat membantu dalam menyediakan energi yang dibutuhkan. Ketika kita lesu dan mengalami dehidrasi, apalagi disaat siang yang sangat panas, maka air kelapa mengandung larutan isotonik yang mampu untuk melakukan re-hidrasi pada tubuh, sehingga tubuh segar kembali.

Air kelapa berperan sebagai minuman elektrolit yang mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Minum satu atau dua gelas air kelapa setiap hari dapat membantu anda menyediakan energi.

7. Air lemon


Jeruk lemon mengandung banyak vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Jika anda mengkonsumsi satu buah jeruk lemon dalam sehari, kebutuhan vitamin C harian anda sudah terpenuhi. Nutrisi dalam lemon dapat bermanfaat sebagai sumber energi alami bagi tubuh. Lemon menghidrasi tubuh, selain memasok oksigen, yang membantu kita untuk merasa berenergi dan segar.

Ambil satu lemon, potong menjadi dua bagian, peras dan campurkan dengan segelas air lalu minum. Campuran ramuan alami ini tidak hanya menyegarkan kembali tetapi juga dapat membantu menyuplai kebutuhan energi harian anda.

8. Smoothie mangga


Kaya akan vitamin dan mineral, smoothie mangga adalah salah satu minuman energi alami yang sangat dikenal. Ambil mangga segar, blender, lalu campurkan dengan segelas susu rendah lemak. Meminum smoothie ini, terutama saat musim panas, dapat membuat anda tetap bersemangat.

9. Jus jeruk


Kaya akan vitamin C dan mineral penting lainnya seperti potasium dan magnesium, jus jeruk dianggap sebagai salah satu minuman alami terbaik dalam menyuplai energi bagi tubuh.

10. Buttermilk


Buttermilk adalah susu yang dihasilkan sebagai produk samping pembuatan mentega dari krim yang difermentasi. Buttermilk ini berupa cairan yang asam, sedikit manis, dan sangat kaya atau kental dan creamy seperti yoghurt.

Buttermilk kaya akan vitamin B2 dan protein, oleh karena itu buttermilk merupakan salah satu boster energi alami terbaik. Kapan pun anda merasa lelah, segeralah minum segelas buttermilk dan hal ini akan memberi anda energi yang dibutuhkan.