Tips Sederhana Menahan Emosi

Setiap orang pasti pernah merasa kesal dan marah saat terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Mulai dari orang-orang di sekitar yang tidak bisa mengerti keadaanmu atau banyaknya pekerjaan yang belum kamu selesaikan membuat emosi kamu semakin tersulut.

Tips Sederhana Menahan Emosi

Jika hal tersebut dibiarkan maka akan membuat keadaan menjadi semakin lebih buruk. Mengendalikan emosi adalah hal yang sangat penting. Selain tidak baik bagi kesehatan emosi juga akan memancarkan aura negatif yang akan membuatmu terlihat buruk. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol emosi yang bisa kamu lakukan.

Mengetahui Penyebab Munculnya Emosi


Tips pertama yang bisa dilakukan dalam mengontrol emosi yaitu dengan mengenali diri terlebih dahulu secara mendalam. Dalam hal ini di saat ita mulai merasa emosi tingkat tinggi maka kita perlu mencari tahu kenapa hal tersebut bisa terjadi, sehingga kita bisa mengetahui hal yang memicu emosi kita. Kemudian kenalilah gerak tubuh yang memperlihatkan sedang emosi, misalnya jantung yang berdetak lebih kencang, tangan yang mulai berkeringat dan lain sebagainya. Dengan mengetahui hal tersebut maka kita mampu menghindari emosi yang memuncak.

Jujur


Terkadang kemarahan datang karena kita tidak mengatakan secara langsung yang kita inginkan. Oleh karena itulah, kamu perlu menghindari hal-hal yang akan memicu kemarahanmu dengan mengungkapkannya secara langsung. Hati yang lega tentunya akan membuat kamu terhindar dari kemarahan yang tidak penting.

Menenangkan Diri


Jika kamu sudah berada pada situasi yang membuatmu marah, maka segera tenangkan diri kamu. Ambillah napas secara perlahan dan hembuskan. Hitunglah hingga sepuluh. Jika masih merasa emosi, ulangi. Kali ini hitunglah hingga seratus. Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan meminum segelas air putih.

Menulis


Menulis bisa menjadi terapi yang baik untuk meredakan amarah terutama saat kita tidak memiliki teman untuk berbagai cerita. Dengan menulis, kamu bisa menuliskan hal apapun yang membuatmu marah dan apa saja yang menjadi harapanmu dari hal tersebut.

Alihkan Perhatian


Cara lain yang bisa dilakukan untuk menahan emosi adalah dengan mengalihkan perhatianmu dari hal-hal yang membuat kamu marah. Saat kamu sudah merasa kesal dan tidak bisa berpikir dengan jernih, maka lakukan hal yang membuatmu senang bisa dengan cara berjalan-jalan atau bertemu dengan teman.

Manjakan Diri Kamu


Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meredakan kemarahan adalah dengan memanjakan diri sejenak. Lakukanlah hal-hal yang membuatmu senang dan saat pikiran kamu sudah segar kembali, kamu bisa melihat permasalahan yang membuat kamu kesal dari sudut pandang yang berbeda.

Ingat, jangan biarkan emosi mengalahkan dirimu karena hal ini akan merugikan nantinya. Tetap senyum dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain ya.