Alasan Memilih Berolahraga Sepeda

Saatnya untuk lepas dari rutinitas harian yang mungkin melelahkan, saatnya buat kamu untuk bersantai dan berolah raga, tapi tuggu dulu, kamu mungkin bosan dengan olah raga yang biasa kamu lakukan, Jika kamu ingin mencoba olahraga baru, maka bersepeda bisa jadi jawaban tepat buatmu.

Alasan Memilih Berolahraga Sepeda

Bersepeda tak hanya jadi aktivitas yang menyenangkan, namun juga bentuk olahraga untuk mengencangkan otot, menguatkan tulang dan membantu menurunkan berat badan.

Ingin bersepeda di akhir pekan ini? Dikutip dari berbagai sumber, berikut Alasan Memilih Berolahraga Sepeda.

1. Tak mencederai sendi


Saat kamu duduk di sepeda, kamu menaruh bebanmu pada sepasang tulang di pelvis yang disebut dengan ischial tuberosities. Tidak seperti saat berjalan yang menaruh beban pada kedua kaki, sehingga sangat baik bagi orang yang mengalami nyeri sendiri atau kekakuan karena usia.

2. Bisa jadi olahraga aerobik juga


Mengayuh pedal bisa menjadi olahraga aerobik juga. Aerobik sangat baik bagi jantung, otak dan pembuluh darah, selain itu juga membantu melepaskan endorfin, hormon yang membuat mood menjadi baik dan terasa lebih muda.

3. Membangun otot lebih mudah


Ingin membangung otot lebih mudah? Bersepeda jadi jawabannya. Saat kita mengayuh ke bawah, kita menggunakan otot gluteus di bokong, quadriceps di paha serta gastrocnemius dan soleus di betis. Saat tidak mengayuh, kita menggunakan hamstrings di bagian belakang paha dan otot flexor di depan pinggang.

Alasan Memilih Berolahraga Sepeda

Tak hanya itu, bersepeda juga bisa membangun otot lain, seperti otot abdomen untuk keseimbangan dan tetap lurus, dan juga otot lengan dan bahu untuk menahan setang sekaligus menyetir.

4. Menguatkan tulang


Tak cuma membangun otot, bersepeda juga menguatkan tulang. Hal ini disebabkan oleh aktivitas mengayuh pedal, menarik otot, yang kemudian otot akan menarik tulang yang bisa meningkatkan kekuatan dan juga kepadatan tulang. Nggak akan kalah seterong dari Popeye!

5. Menurunkan berat badan


Bersepeda juga tepat buat kamu yang sedang berjuang menurunkan bobot. Dalam satu jam bersepeda ada sekitar 500 kalori yang bisa dibakar. Jika kamu bersepeda di pagi hari sebelum sarapan, juga bisa membantu membakar lemak 20 persen lebih cepat dan efektif.

Untuk bisa mendapatkan semua manfaat tersebut, perlu diingat seperti semua olahraga lainnya, sepeda juga harus dilakukan dengan postur, kecepatan, genggaman, dan jarak yang benar.