Manfaat Berenang Secara Rutin

Ada berbagai manfaat melakukan renang secara rutin. Diantaranya adalah melangsingkan tubuh, membentuk otot, menambah tinggi badan, dan membakar kalori.

Manfaat Berenang Secara Rutin

Jika berenang belum masuk dalam agenda rutin waktu luang anda, sebaiknya anda mulai mempertimbangkannya. Berenang secara rutin, misalnya sekali atau dua kali dalam seminggu, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anda.

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa olahraga yang paling menyenangkan dan mudah adalah renang. Maka dari itu banyak orang yang mencoba peruntungan untuk melangsingkan badan dengan berenang secara ruitn.

Namun, melangsingkan tubuh hanya satu dari empat manfaat berenang secara rutin. Berikut anda beberapa manfaat lainnya :

Membentuk Otot


Selama berenang anda pasti akan menggerakkan keseluruhan otot-otot pada tubuh mulai dari kepala, leher, tangan, dada, perut, punggung dan juga pinggang hingga telapak kaki. Tubuh akan mengeluarkan energi yang besar jika di luar air maka dari itu, berenang merupakan cara yang paling efektif untuk membentuk otot tubuh.

Menambah Tinggi Badan


Karena di dalam air, maka seluruh berat badan akan ditampung oleh air yang mengakibatkan mudahnya proses penambahan tinggi badan selama berenang.

Membakar Kalori


Energi yang dikeluarkan untuk menggerakkan badan di dalam air cukup besar, maka dari itu akan membakar kalori lebih banyak.

Baik untuk Jantung dan Paru-paru


Dengan mendorong dan menendang air dengan tangan dan kaki di dalam air, hal ini dipercaya dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Hal ini merupakan salah satu dari empat manfaat berenang secara rutin yang paling penting.

Hal tersebut di atas hanya sebagian dari banyaknya manfaat berenang secara rutin. Jika Anda tidak punya waktu yang cukup bahkan pada saat akhir pekan, berenang selama satu jam dengan kualitas yang baik dapat membantu untuk membuat tubuh Anda lebih bugar.