Cara Bersepeda Aman saat PSBB

Bersepeda memang menyehatkan. Selain itu, salah satu aktivitas outdoor yang belakangan kembali nge-tren ini juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi stres kamu, loh.

Cara Bersepeda Aman saat PSBB


Namun, di tengah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB yang masih berlanjut, bersepeda nggak boleh dilakukan secara sembarangan. Apa saja yang perlu diperhatikan? Simak ulasannya, berikut ini!

Update Informasi Terkait Kawasan Khusus Pesepeda


Kamu mau bersepeda di saat PSBB ini? Jika ya, maka hal pertama yang harus kamu update adalah kawasan khusus pesepeda bagian mana yang tetap buka ataupun ditutup. Informasi ini bisa kamu dapatkan salah satunya melalui portal berita online terpercaya. Simak dan ikuti juga imbauan dari pemerintah di daerah kamu tinggal. 

Menghindari Jalur yang Ramai atau Keramaian


Selama PSBB dan juga terkait kesehatan, kamu perlu memperhatikan jalur yang akan dilewati. Pilihlah jalur yang aman dan nggak terlalu ramai. Sebisa mungkin, hindari keramaian dan juga kawasan zona merah yang dapat kamu pantau perkembangannya secara online.

Bersepeda Secara Mandiri di Area Sekitar Rumah


Bersepeda memang lebih menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai. Namun, selama pandemi, semua hal yang berhubungan dengan kebersamaan sebaiknya sementara waktu kamu lupakan. Oleh karena itu, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) melalui keterangan yang diberikan oleh dr. Michael Triangto, Sp.KO, mengimbau agar masyarakat dapat bersepeda secara mandiri atau maksimal lima orang (yang tinggal dalam satu rumah, bukan orang lain) di area sekitar tempat tinggalnya.

Utamakan Prinsip Jaga Jarak dan Memakai Masker


Meskipun saat bersepeda kamu nggak bersentuhan langsung dengan orang lain, namun kamu tetap perlu menjaga jarak, loh! Jaga jarak antar pesepeda dari depan ke belakang diimbau oleh PDSKO yaitu minimal 20 meter. Selain jaga jarak, penggunaan masker yang baik dan benar juga perlu diperhatikan. Jangan lupa membawa hand sanitizer dan membersihkan sepeda, terutama di bagian-bagian yang bersentuhan dengan tangan.

Dilakukan dengan Intensitas Sedang, Bukan Tinggi


Bicara tentang olahraga secara keseluruhan dan terkait pencegahan risiko penularan COVID-19, olahraga dengan intensitas tinggi nggak dianjurkan oleh PDSKO karena justru menurunkan imunitas. Olahraga yang dianjurkan dr. Michael adalah yang mengutamakan kebugaran, yaitu olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang.

Memastikan Tubuh dalam Kondisi Benar-benar Fit


Sebelum berangkat bersepeda, kamu harus memastikan bahwa kondisi tubuh “benar-benar” sehat dan fit untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan. Terakhir, gunakan juga pakaian yang lebih tertutup seperti kaos lengan panjang, celana panjang, dan topi.

Nah, itu dia enam jurus aman bersepeda saat PSBB. Semoga bermanfaat, ya!