Cara Mengusir Rasa Kantuk Saat Berpuasa

Selain lapar dan haus selama menjalankan ibadah puasa, pasti kamu mengalami rasa kantuk yang berlebihan. Biasanya setelah melewati jam 12 siang tubuhmu akan terasa lesu yang menyebabkan ngantuk.

Cara Mengusir Rasa Kantuk Saat Berpuasa

Hal seperti ini wajar terjadi karena waktu tidur yang berkurang dan berubah. Selain tidur, yuk lakukan beberapa tips sederhana berikut ini untuk mengusir rasa ngantuk di siang hari saat berpuasa. Penasaran?

1. Majukan jam tidur


Majukan jam tidur

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 8 sampai 9 jam sehari. Namun, akan lain ceritanya selama bulan puasa di mana kamu harus bangun di pagi-pagi sekali untuk sahur dan bertahan hingga salat subuh, bahkan tetap terjaga sampai memulai aktivitas di pagi hari. Hal ini yang menyebabkan waktu tidurmu terpotong. Tapi jangan khawatir, salah satu trik yang bisa kamu gunakan adalah dengan memajukan jam tidur. Jika biasanya kamu tidur pukul 23.00, sebaiknya selama bulan puasa kamu sudah tidur pukul 21.00. Lakukan hal tersebut secara rutin. Dengan begini, jam tidur kamu tidak akan terganggu, deh!

2. Tidur setelah sahur dan solat subuh


Tidur setelah sahur dan solat subuh

Setelah sahur dan solat subuh kamu direkomendasikan untuk kembali melanjutkan tidur. Tapi ada hitungannya ya, sebaiknya kamu tidur hanya selama 2 jam saja. Jika kamu tidur lebih lama, maka tubuhmu akan merespon dengan cara berbeda. Tubuh malah akan terasa lemas sehingga menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan. Baru deh setelah itu kamu bisa langsung mandi dan mulai beraktivitas seperti biasa.

3. Manfaatkan waktu istirahat siang


Manfaatkan waktu istirahat siang

Waktu istirahat siang adalah saat yang tepat untuk merecharge energimu kembali. Kalau kamu merasakan kantuk yang tak tertahankan, cobalah untuk tidur sekitar 15-20 menit atau yang dikenal dengan sebutan super nap. Tidur dalam waktu sebentar ini bisa membuatmu segar kembali.

4. Mengatur pernapasan


Mengatur pernapasan

Salah satu cara mengusir rasa ngantuk adalah dengan meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Cobalah untuk mengatur pernapasanmu selama puasa. Peningkatakan kadar oksigen dalam otak bisa membantu menambah energi dan memicu aktivitas otak. Coba duduk atau berdiri tegak dengan salah satu telapak tangan menempel pada perut. Kemudian, tarik napas sedalam-dalamnya lewat hidung dan hembuskan perlahan leway mulut.

5. Berjalan-jalan


Berjalan-jalan

Biasanya rasa kantuk juga bisa menyerang karena tubuh yang tidak banyak bergerak. Saat waktu istirahat, kamu bisa memanfaatkannya dengan berjalan-jalan. Enggak ada salahnya untuk sekedar jalan-jalan di sekitar kantor atau kampus. Cara ini biasanya ampuh untuk mengusir rasa ngantuk karena puasa.