Cara Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Apakah Anda suka memainkan puzzle? Kegiatan yang menantang otak Anda, seperti bekerja dengan teka-teki silang, baik untuk kesehatan sistem saraf Anda. Sama seperti Anda perlu untuk bekerja di luar tubuh Anda untuk tetap bugar, otak Anda juga perlu pekerjaan yang baik secara teratur agar tetap tajam.

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf


Sistem saraf adalah bagian penting dari tubuh Anda. Anda ingin bekerja yang terbaik sehingga Anda dapat menjadi yang terbaik. Sistem saraf Anda berisi sesuatu yang mungkin adalah bagian terpenting dari tubuh Anda, yang, tentu saja, adalah otak Anda. Otak Anda memungkinkan Anda untuk belajar. Hal ini memungkinkan Anda untuk merasakan emosi seperti cinta, kemarahan, dan kesedihan.

Otak Anda memberikan Anda kemampuan untuk melihat, mendengar, merasakan, menyentuh, dan bau. Ia bekerja sama dengan saraf dan sumsum tulang belakang untuk mengirim sinyal yang membuat tubuh Anda bergerak. Sistem saraf Anda memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti lari, lompat, bermain olahraga, dan melakukan pekerjaan rumah Anda.

Ada banyak pilihan Anda dapat membuat untuk menjaga sistem saraf Anda sehat. Salah satu pilihan yang jelas adalah untuk menghindari penggunaan alkohol atau obat-obatan lainnya. Anda Tidak hanya akan menghindari cedera yang dibuat oleh obat itu, tetapi Anda juga akan cenderung dapat terlibat dalam perilaku berisiko lainnya yang dapat membahayakan sistem saraf Anda. Cara lain untuk menjaga sistem saraf yang sehat adalah makan berbagai makanan sehat.

Mineral natrium, kalsium, dan kalium, dan vitamin B 1 dan B 12 yang penting bagi sistem saraf yang sehat. Beberapa makanan yang merupakan sumber yang baik untuk mineral ini dan vitamin termasuk susu, biji-bijian, beef steak, dan kacang merah (yang ditunjukkan pada Gambar di bawah). Otak Anda juga perlu lemak sehat seperti yang ada di kacang-kacangan dan ikan. Ingat bahwa lemak melindungi akson neuron. Lemak ini membantu membangun hubungan baru antara saraf dan sel-sel otak. Lemak ini dapat meningkatkan memori dan meningkatkan belajar dan kecerdasan. Air juga penting bagi sistem saraf, sehingga minum banyak air dan cairan lainnya. Ini membantu mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan kebingungan dan masalah memori. Dan mendapatkan banyak istirahat.

Otak Anda membutuhkan banyak istirahat sehingga dapat memperkuat sirkuit yang membantu dengan memori. Tidur malam yang baik akan membantu menjaga otak Anda berfungsi dengan baik.

Aktivitas fisik sehari-hari juga penting untuk kesehatan sistem saraf. Olahraga teratur membuat jantung Anda lebih efisien dalam memompa darah ke otak Anda. Akibatnya, otak Anda akan lebih banyak oksigen, yang dibutuhkan untuk berfungsi secara normal. Pepatah mengatakan “menggunakannya atau kehilangan itu” berlaku untuk otak Anda serta tubuh Anda. Ini berarti bahwa aktivitas mental, bukan hanya aktivitas fisik, penting bagi kesehatan sistem saraf. Melakukan teka-teki silang, membaca, dan memainkan alat musik adalah beberapa cara Anda dapat menjaga otak Anda aktif.

Anda juga dapat memilih untuk mempraktekkan perilaku yang aman untuk melindungi sistem saraf Anda dari cedera. Untuk menjaga sistem saraf Anda aman, memilih untuk :

  • Kenakan kacamata keselamatan atau kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari cedera.
  • Pakai pelindung pendengaran, untuk melindungi telinga Anda dari suara keras.
  • Memakai helm pengaman untuk kegiatan seperti bersepeda dan skating (Gambar di bawah).
  • Kenakan sabuk pengaman setiap kali Anda naik kendaraan bermotor.
  • Menghindari risiko yang tidak perlu, seperti melakukan aksi berbahaya pada sepeda Anda.

Jangan menyelam ke dalam air yang tidak disetujui untuk menyelam. Jika air terlalu dangkal, Anda serius bisa melukai otak atau sumsum tulang belakang. Beberapa menit menyenangkan bisa berubah menjadi seumur hidup di kursi roda.

Selain itu, pastikan untuk latihan sistem saraf Anda setiap hari. Tindakan sederhana menulis mengharuskan Anda menggunakan semua komponen utama motorik dan jalur sensorik. Ini termasuk sejumlah reseptor yang berbeda sensorik, saraf perifer, koneksi sinaptik dalam sumsum tulang belakang Anda, saluran utama dalam sumsum tulang belakang Anda, dan jaringan saraf di seluruh otak Anda. Semua komponen ini harus dimanfaatkan dengan tepat dan koordinasi untuk menghasilkan kata-kata tertulis rapi. Apa yang harus Anda lakukan? Luangkan beberapa menit setiap hari menulis di atas kertas dengan rapi yang Anda bisa. Hal ini membutuhkan lebih banyak upaya pada bagian dari sistem saraf daripada mengetik pada keyboard, seperti mengetik pada keyboard tidak memerlukan kontrol motorik sebanyak baik seperti menulis di atas kertas. Menggambar dengan presisi juga memerlukan penggunaan semua komponen utama dari divisi sensorik dan motorik dari sistem saraf.

Ringkasan


Mineral, kalsium dan kalium, dan vitamin B1 dan B12 yang penting untuk sistem saraf yang sehat. Anda dapat membuat pilihan yang akan membantu menjaga sistem saraf Anda sehat dan aman, seperti memilih untuk memakai helm saat bersepeda.