Penyebab Ketiak Menghitam

Ketiak menghitam seringkali membuat Anda tidak percaya diri. Beberapa orang bahkan menganggap ketiak yang hitam membuat penampilan jadi kurang menarik. Anda pernah mengalaminya? Coba periksa kembali, bisa jadi 4 hal berikut ini adalah penyebabnya.

Penyebab Ketiak Menghitam

1. Salah memilih deodoran


Tujuan utama memakai deodoran adalah untuk mencegah bau badan. Sayangnya, seringkali jika Anda salah memilih deodoran malah bisa mengakibatkan kulit ketiak menghitam. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari deodoran yang mengandung bahan-bahan yang aman untuk ketiak atau yang tidak membuat kulit mengalami iritasi.

2. Menggunakan pakaian yang terlalu ketat


Tentu banyak dari kita yang suka menggunakan pakaian ketat. Selain tampil modis, pakaian yang ketat tentu akan membentuk tubuh Anda dan terlihat lebih seksi. Namun, pakaian yang terlalu ketat ini ternyata bisa jadi salah satu penyebab ketiak menghitam. Hal ini karena ketiak mengalami gesekan dengan kain pakaian yang akhirnya membuat kulit jadi iritasi kemudian berubah warna jadi lebih gelap atau menghitam.

3. Penumpukan sel kulit mati


Jika Anda malas membersihkan area ketiak dengan benar akan terjadi penumpukan sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati inilah yang membuat ketiak terlihat lebih hitam. Sering-seringlah membersihkan ketiak dengan benar agar tidak terjadi penumpukan sel kulit mati.

4. Iritasi akibat mencukur atau mencabut bulu ketiak


Untuk alasan kecantikan dan kenyamanan seringkali kita memilih untuk mencukur atau mencabut bulu ketiak. Bahkan ada juga yang memakai metode waxing. Memang ketiak Anda akan terlihat bersih dari bulu tapi sebenarnya cara ini membuat kulit ketiak iritasi. Akibat dari iritasi inilah yang membuat kulit ketiak menghitam.