Cara Merawat Kuku Secara Alami

Bagi kaum wanita, kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang harus mendapatkan perawatan maksimal. Memang tidak semua wanita memperhatikan hal yang satu ini, tetapi apabila tidak dirawat maka akan menimbulkan penyakit yang cukup serius. Contohnya pembengkakan pada pinggir kuku hingga penyakit pencernaan yang disebabkan oleh kuman akibat tidak bersihnya area kuku.

Cara Merawat Kuku Secara Alami

Memiliki kuku yang indah, cantik, putih, bersih dan mengkilap akan menyempurnakan penampilan seseorang, terutama bagi para wanita. Sebenarnya merawat kuku di rumah dengan bahan-bahan alami dan cara yang sederhana dapat Anda lakukan. Hal ini bertujuan supaya tidak perlu pergi ke salon dengan mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Dengan menggunakan bahan alami, perawatan kuku akan mendapatkan hasil yang maksimal serta tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk. Berikut ini adalah cara merawat kuku yang dapat dilakukan sendiri di rumah:

Bersihkan & Memotong Kuku


Cara merawat kuku yang paling simpel yaitu dengan membersihkan dan memotong kuku secara berkala. Hal ini dapat dilakukan sendiri karena mudah dan sederhana sekali. Potonglah kuku secara rutin yaitu minimum 1 kali dalam seminggu. Apalagi kalau terdapat ‘cantengan’ pada pinggir kuku, itu sangat mengganggu dan menyakitkan.

Dengan memotong dan membersihkan kuku, selain akan terlihat menarik, Anda juga bisa terhindar dari penyakit yang diakibatkan dari kuman yang mungkin terdapat pada kuku. Bersihkanlah kuku secara rutin baik menggunakan air dan sabun ataupun dengan menggunakan sikat atau alat pembersih kuku lainnya.

Gunakan Minyak Zaitun


Selain dapat melembabkan kulit dan mencerahkan kulit. Minyak zaitun juga dapat berfungsi untuk menjaga agar kuku tetap cantik. Caranya dengan menyediakan minyak zaitun secukupnya lalu hangatkan namun jangan terlalu panas. Setelah itu minyak zaitun bisa diaplikasikan dengan cara mengoleskannya memakai cuttonbath ke atas permukaan kuku.

Gosok-gosoklah cuttonbath yang telah dicelup ke dalam minyak zaitun. Lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Minyak zaitun atau olive oil ini bisa membuat kuku lebih halus dan cantik. Setelah selesai kuku bisa dibersikan dengan air hingga bersih.

Menggunakan Garam


Disamping sebagai bumbu dapur agar makanan terasa enak dan sedap, garam juga ternyata bisa digunakan untuk merawat kuku. Caranya sediakan wadah yang berukuran medium, air hangat secukupnya dan garam secukupnya. Setelah itu campurkan garam pada air hangat. Lalu rendam tangan atau hanya sebatas jari-jari tangan di air garam tersebut. Setelah itu diamkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bersihkan dengan air biasa dan keringkan.

Merendam kuku dengan garam dapat membersihkan kuman yang menempel pada sela-sela kuku dan membuat kuku lebih mengkilap.

Gunakan Lemon


Kuku yang mengkilap juga bisa diperoleh dengan membersihkannya pakai air lemon. Di mana air lemon ini memiliki vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang akan membuat kuku tangan atau kaki menjadi mengkilap.

Caranya yaitu dengan mengiris lemon menjadi beberapa bagian lalu di gosokkan pada permukaan kuku selama beberapa menit (bisa dilakukan 5 – 10 menit). Setelah itu bersihkan kuku dengan air hingga tidak terasa lengket akibat dari air lemon tadi. Selain itu, lemon juga bisa membersihkan kuku dari sisa cat kuku yang masih tersisa.

Pakai Kulit Semangka


Buah yang satu ini selain bisa dimakan langsung dan menyegarkan, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengkilapkan kuku Anda. Apa yang digunakannya? Bukan dagingnya, tetapi kulitnya. Daripada dibuang lebih baik dimanfaatkan untuk mengkilapkan kuku.

Caranya potong-potong kulit semangka yang ada. Lalu pengaplikasiannya sama seperti lemon. Kulit semangka bagian putihnya cukup digosokkan pada permukaan kuku dan biarkan sampai air yang menempel pada kuku mengering dengan sendirinya. Setelah itu, bersihkan dengan air dan keringkan dengan handuk. Maka kuku akan tampak lebih bersih dan mengkilap.

Gunakan Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk merawat kuku Anda. Caranya belah belimbing wuluh, lalu gosokkan ke permukaan kulit. Kandungan asam pada belimbing bisa membersihkan kuku, dan biarkan sampai mengering dengan sendirinya. Setelah itu bersihkan dengan air dan di lap dengan handuk. Maka kuku akan tampak lebih bersih dan mengkilap tentunya.

Bawang putih


Bumbu dapur ini juga selain digunakan untuk memasak dapat juga digunakan untuk membersihkan kuku dan membuat kuku menjadi mengkilap. Selain dapat membersihkan kuku, bawang putih dapat membuat kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Caranya hanya dengan menggosokkan bawang putih yang telah dipotong ke atas permukaan kuku. Anda dapat mengaplikasikannya berulang-ulang. Setelah itu bersihkan dengan air. Maka kuku pun akan bersih dan mengkilap. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Baking powder


Menggunakan Baking powder yang dicampurkan dengan air hangat dapat membuat kuku menjadi mengkilap. Sediakanlah baking powder, lalu campurkan dengan air hangat yang disimpan pada wadah yang telah disediakan. Kemudian rendam selama 10 hingga 15 menit. Dengan menggunakan cara tersebut secara rutin maka akan membuat kuku perlahan-lahan menjadi putih bersih alami.