Alasan Tidak Boleh Menyentuh Bintang Laut

Main di laut memang menyenangkan, karena selain bisa melihat keindahan laut dan kekayaan di dasar atau tepinya, kamu juga bisa berfoto atau selfie. Foto yang dihasilkan pun cantik dan instagenic.

Alasan Tidak Boleh Menyentuh Bintang Laut

Namun, jangan sampai sembarangan memegang atau mengangkat bintang laut demi mendapatkan foto cantik, ya! Pengin tahu alasannya? Simak artikel Sehat Terbaru berikut, yuk!

1. Bukan benda mati


Bintang laut merupakan binatang hidup yang punya nafas seperti manusia. Kamu sendiri pun tidak ingin diganggu atau dipegang-pegang seenaknya kan? Jadi, jika melihat bintang laut, memang sebaiknya tidak diganggu.

2. Bisa stres dan berhenti berkembang


Namanya makhluk hidup pasti bisa merasakan tekanan atau stres. Terutama bintang laut yang bakal mudah stres apabila disentuh atau diangkat oleh manusia. Bahkan bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya, lho.

3. Bahkan, bisa berujung pada kematian


Sebagai hewan laut, bintang laut nggak bisa berlama-lama hidup di luar air. Jadi, jika kamu mengangkatnya lama-lama, selain stres, bisa berujung pada kematian.

Hal tersebut juga berlaku untuk biota laut lainnya. Jadi, kalau kamu menyelam atau snorkeling, cukup nikmati keindahan bawah laut dengan melihatnya aja, ya!