Alasan Mengapa Berat Badan Anda Naik

Jika anda tidak aktif dalam mengontrol kesehatan anda dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan dengan seimbang, maka anda bisa dengan mudah mengalami obesitas. Selain olahraga dan pola makan, banyak kebiasaan lain yang dapat mempengaruhi berat badan anda.

Alasan Mengapa Berat Badan Anda Naik

Berikut adalah alasan mengapa berat badan seseorang dapat naik.

Anda Bekerja Sampai Larut Malam / Shift Malam


Tubuh anda diprogram untuk mengonsumsi makanan pada pagi dan siang hari serta tidur di malam hari. Bekerja di malam hari dapat mengakibatkan berat badan anda naik karena merusak siklus fisiologis alami tubuh anda. Hasilnya adalah terjadinya penurunan pengeluaran energi harian anda. Dengan kata lain, anda kurang membakar kalori.

2. Tidur Anda Tidak Mencukupi


Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur merupakan salah satu faktor naiknya berat badan. Tidur merupakan kunci dari metabolisme energi. Saat anda kurang mendapat tidur yang cukup, anda berakhir dengan makan berlebih. Tubuh anda mencari makan dengan alasan menghasilkan energi lebih untuk menutup kekurangan tidur anda.

3. Lingkungan yang Berpolusi


Beberapa polusi lingkungan telah menunjukkan tanda peningkatan berat badan. Paparan dari polusi-polusi berikut dapat mengontaminasi jaringan lemak dalam tubuh anda. Kontaminasi ini dapat mempengaruhi tubuh anda melalui makanan dengan kadar lemak tinggi termasuk daging dan ikan.

4. Anda Menonton TV Terlalu Banyak


Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu lebih dari 2 jam sehari duduk di depan televisi meningkatkan resiko obesitas hingga 23%. Tertidur dengan televisi sedang menyala juga dapat meningkatkan resiko tersebut. Pakar menyatakan bahwa paparan dari sinar buatan saat tidur mengurangi kadar melatonin anda. Melatonin adalah sejenis hormon yang menjaga badan dari kelainan metabolisme penyebab obesitas dan diabetes.

5. Anda Merasa Gelisah


Orang yang menderita pasca trauma atau stress lebih rentan mengalami obesitas daripada orang yg tidak menderita kondisi ini. Saat anda mengurangi tingkat stress dan depresi, anda juga mengurangi peluang obesitas.

6. Mengonsumsi Makanan “Low-Fat“


Penelitian membuktikan makanan low-fat bukan merupakan cara yang baik untuk mempertahankan berat badan ideal. Riset membuktikan makanan dengan tinggi lemak terhubung dengan penurunan resiko obesitas.

7. Makan di Restoran yang Memainkan Musik Klasik


Satu penelitian menemukan bahwa orang mengonsumsi lebih banyak makanan dan minum kopi di restoran dimana musik klasik sedang dimainkan. Terdengar aneh memang, tapi menghindari restoran seperti itu bisa saja mengurangi resiko anda mengalami obesitas.